DEFINISI SEO

SEO (Search Engine Opimization) dalam artian bahasa Indonesia praktisnya adalah suatu pengetahuan yang mempelajari cara-cara supaya sebuah website atau blog dengan isi atau content tertentu atau tema tertentu bisa terlacak atau terindeks semaksimal mungkin di search engine atau mesin pencari seperti google search, yahoo search,msn search, di dunia web atau internet (www.free-7.net)

 

Pemahaman SEO

  1. Search engine dengan algoritma pemrogramannya merupakan sesuatu yang bermuatan teknis-logis, tapi seo merupakan seni memainkan atau mengolah content serta keyword Seperti halnya peralatan-peralatan photographi seperti kamera, alat cetak,alat pencahayaan adalah sesuatu yang bermuatan teknis, tapi photographi merupakan seni memotret atau mengolah serta menghasilkan komposisi gambar (art).
  2. Search engine dan seorang pemain seo adalah persis ibarat sebuah Game di dalam komputer dengan seorang pemain game (gamer) – Program game adalah teknis dan logis, tapi gamer merupakan seni memainkan program tersebut yang membutuhkan keahlian,pengalaman,insting untuk memenangkan permainan . Meskipun misalnya sebuah program game tersebut adalah buatan saya sendiri, yang artinya mengerti persis algoritmanya, tidak berarti saya lebih mahir memainkan permainan tersebut dari orang lain yg sama sekali tidak mengerti pemrograman (kecuali saya main curang dg membuat kode cheat- begitu juga dengan seo jika bisa mendapatkan atau membeli informasi/curang ).

 

Paradigma SEO menurut pakar

Benang yang Lebih Kuat dari Baja Yang pertama kali terlintas dalam benak seseorang ketika berpikir tentang laba-laba adalah jaringnya. Ia merupakan keajaiban desain yang memiliki rancangan tersendiri, beserta perhitungan teknik yang menyertainya. Jika kita memperbesar laba-laba menjadi seukuran manusia, jaring yang dianyamnya akan memiliki tinggi sekitar seratus lima puluh meter. Ini sama tingginya dengan gedung pencakar langit berlantai lima puluh.

Andaikan laba-laba sedemikian besar sehingga mampu membuat jaring dengan lebar lima puluh meter, maka jaring ini akan mampu menghentikan pesawat jumbo jet. Jika demikian, bagaimana laba-laba mampu membuat jaring dengan sifat ini? Agar dapat melakukan hal ini, ia pertama kali harus menggambar rancangannya, persis seperti seorang arsitek. Sebab, struktur arsitektural dengan ukuran dan kekuatan seperti ini, mustahil dilakukan tanpa sebuah perancangan. Setelah rancangan dipersiapkan, laba-laba perlu menghitung seberapa besar beban-beban yang akan menempati posisi-posisi tertentu pada jaring, persis layaknya insinyur konstruksi. Jika tidak, jaring ini pasti akan runtuh.

Jika seseorang mengamati bagaimana laba-laba membangun jaringnya, akan ia temukan sebuah keajaiban yang nyata. Pertama-tama, laba-laba melempar benang yang dipintalnya ke udara, lalu aliran udara ini membawanya ke tempat tertentu di mana ia menempel. Lalu pekerjaan konstruksi dimulai. Perlu satu jam atau lebih untuk menganyam sebuah jaring.

Mulanya, laba-laba menarik benang jenis kuat dan tegang dari titik pusat ke arah luar guna mempersiapkan kerangka jaringnya. Ia lalu menggunakan benang jenis kendor dan lengket untuk membuat lingkaran dari arah luar ke dalam. Dan kini perangkap itu telah siap.

Benang yang digunakan laba-laba sama ajaibnya dengan jaring itu sendiri. Benang laba-laba lima kali lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama. Ia memiliki gaya tegang seratus lima puluh ribu kilogram per meter persegi. Jika seutas tali berdiameter tiga puluh sentimeter terbuat dari benang laba-laba, maka ia akan mampu menahan berat seratus lima puluh mobil.

Ilmuwan menggunakan benang laba-laba sebagai model ketika membuat bahan yang dinamakan Kevlar, yakni bahan pembuatan jaket anti peluru. Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar. Tetapi, benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar. Benang ini juga lebih tipis dari rambut manusia, lebih ringan dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia.

Baja termasuk material paling kuat yang tersedia bagi manusia yang diproduksi dengan sarana industri berat, menggunakan besi, dan dalam tungku bertemperatur ribuan derajat. Ia didesain khusus agar berdaya tahan tinggi, dan digunakan pada konstruksi lebar, bangunan tinggi, dan jembatan. Laba-laba menghasilkan material yang lima kali lebih kuat dari baja, padahal ia tak memiliki tungku pembakaran dan teknologi apapun. Ia adalah makhluk mungil yang tak mampu berpikir. Sungguh suatu keajaiban bahwa makhluk kecil ini mampu menghasilkan benang yang lebih kokoh dari baja, dan menggunakannya untuk membuat bangunan dengan cara yang sama seperti para arsitek dan insinyur.

 

Panduan untuk 10 Rangking

  • Informasi yang ditulis harus newsworthy (cukup layak untuk dijadikan berita).
  • Usahakan informasi tersebut dapat membuat pembacanya semakin tertarik untuk mencari informasi lebih dalam tentang produk/servis/berita yang ingin disampaikan.
  • Mulailah menulis uraian description di dalam press release anda,kemudian tuliskan mengenai ciri khas dari produk/servis/berita/hotel Anda.
  • Tanyakaan kepada diri anda “bagaimana membuat orang tertarik akan release yg anda buat dan mereka akan tertarik untuk mengunjungi website anda?”
  • Yakinkan pembaca dalam 10 kata pertama bahwa press release yang dibuat itu benar adanya.
  • Hindari penggunaan kata sifat yang berlebihan dan bahasa khayalan.
  • Yakinkan bahwa press release di adalah fakta sebenarnya mengenai website Anda.
  • Jangan lupa untuk menuliskan identitas diri yang detail seperti : individual contact,address, phone,fax,email,website URL.
  • Yakinkan sekali lagi bahwa release yg telah dibuat sudah benar.
  • Buatlah press release yang dibuat itu mudah di mengerti oleh media press release lain untuk melakukan release-nya.

 

Langkah promosi melalui SE

Optimization: Promosi melalui SEO untuk menginformasikan tentang bisnis anda dan mengetahui tentang pangsa pasar yang dituju, apakah seorang wartawan, konsumen atau investor.

  • Kita dapat membangun penelitian untuk kata kunci untuk menemukan dua hal yang relevan sesuai dengan pangsa pasar yang Anda tuju.
  • Kita akan memeriksa kembali berita singkat yang sesuai dan relevan dengan maksud dan tujuan yang Anda inginkan.
  • Kita juga membangun jaringan dari berita singkat yang anda miliki untuk web site Anda..

Distribusi: Berita pendek dalam web site Anda banyak mengunakan ragam distribusi untuk disebarluaskan kepada pangsa pasar yang anda tuju.

  • Berita pendek tersebut akan didistribusikan melalui email kepada kurang lebih 100.000 media outlet yang memiliki web site, analis industri , wartawan lepas. Anda juga dapat menambahkan berita pada iklan tersebut.
  • Yahoo News, Google News atau search enggine lainnya akan menggunakan berita singkat Anda untuk kemudain disebarkan kepada pengguna internal mereka
  • Berita singkat anda juga akan disebarkan melalui web technology seperti XML, OPML, ATOM, RSS dan News ML

Pergerakan: sebagai pencari berita di search enggine, kita akan meminta Anda dengan data yang tersedia untuk mengukur hasil dan dampak yang ditimbulkan dari press release tersebut kepada masyarakat.

  • Kita akan mengetahaui pergerakan seberapa banyak jumlah pengguna yang membaca berita anda di serach engine.
  • Kita juga dapat melakukan perjanjian strategi marketing secara terpadu dengan Analis Clik talsk produk uuntuk mendapatkan hasil analisa secara visual.

 

Keuntungan Promosi menggunakan Search Enggine

  • Memiliki ranking tinggi untuk kata kunci hingga 28 hari di Google dan Yahoo, MSnN dan search engine lainnya.
  • Membangun jaringan yang sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh Google dan Yahoo yang memiliki kebijakan anti spam.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung web site Anda yang memperoleh berita dari search engine.
  • Meningkatkan jumlah potensi pasar dari masyarakat yang mengimkan email kepada perusahaan Anda.
  • Iklan umum yang menarik untuk dikunjungi untuk membangun image.

 

Pengguna Potensial SE

  • 98% wartawan yang mencari berita secara on line setiap harinya.
  • 92% unuk artikel penelitian.
  • 81% untuk mencari berita.
  • 76% untuk mencari sumber atau temuan baru.
  • 73% untuk memnemukan berita singkat atau iklan promosi.

Rata-rata tiap harinya, 68 juta penduiduk Amerika selalu online:

  • 30% persen untuk mencari informasi.
  • 27% untuk mencfari berita.

 

Bagaimana bisa maksimal dalam SEO

  1. Tetapkan tema website/blog ,lalu buatlah harmonisasi/nyambung antara Title-Descripiton-Content
  2. Daftarkan ke 3 search engine besar ,google,yahoo,msn , cara gampangnya gunakan saja Mypagerank.net Sitemap Submitter di bagian bawah-footer blog ini (masukan url blog anda lalu submit)
  3. Daftarkan juga sitemap-nya secara manual di 3 search engine di atas ,pasang meta tag-nya di bawah tag head
  4. Posting artikel yang berhubungan dengan keyword yang di pasang di atas
  5. Daftarkan RSS ,minimal :technorati.com, feedburner.com,mybloglog.com.

 

Kekuatan SEO

  1. Jenis content atau tema posting ,apakah suatu tema yang banyak di cari orang atau tidak (biar punya ilmu SEO expert kalau artikelnya tidak ada yang cari gimana mau dapat traffic)
  2. Harmonisasi-hubungan yg nyambung antara title-description-keyword-content .Contoh: sebuah tema gosip akan lebih SEO friendly jika di posting di blog yang bertema entertainment, di banding di blog yang bertema komputer (asal dasar-dasar SEO sdh di terapkan spt langkah di atas)
  3. Cara mengolah dan menerapkan keyword Content yang banyak di cari orang lalu di kemas dengan seni-teknik menerapkan keyword

 

Sedikit Tips SEO

  • Untuk SEO Website yang berupa beberapa halaman statis, prinsipnya sama saja, hanya perlu lebih cermat dan akurat mengatur-menyusun-menerapkan setiap keyword pada seluruh wilayah halaman website
  • Untuk blog dengan domain-hosting sendiri misalnya memakai mesin WP, tentu lebih mudah lagi karena bisa memanfaatkan macam2 plugins.

Ukuran kesuksesan seorang blogger akan sangat terpengaruh dengan 2 hal:

  1. Misi dan Visi utama ngeblog
  2. Tema utama-content blog (SEO hanyalah alat bantu, secanggih apapun ilmu perseoan bagaiman bisa mendatangkan traffic jika content tak ada yang cari)

 

Sumber :

http://fernandositindaon.info/

http://elearning.budiluhur.ac.id/

Informasi yang ditulis harus newsworthy (cukup layak untuk dijadikan berita).
Usahakan informasi tersebut dapat membuat pembacanya semakin tertarik untuk mencari informasi lebih dalam tentang produk/servis/berita yang ingin disampaikan.
Mulailah menulis uraian description di dalam press release anda,kemudian tuliskan mengenai ciri khas dari produk/servis/berita/hotel Anda.
Tanyakaan kepada diri anda “bagaimana membuat orang tertarik akan release yg anda buat dan mereka akan tertarik untuk mengunjungi website anda?”
Yakinkan pembaca dalam 10 kata pertama bahwa press release yang dibuat itu benar adanya.
Hindari penggunaan kata sifat yang berlebihan dan bahasa khayalan.
Yakinkan bahwa press release di adalah fakta sebenarnya mengenai website Anda.
Jangan lupa untuk menuliskan identitas diri yang detail seperti : individual contact,address, phone,fax,email,website URL.
Yakinkan sekali lagi bahwa release yg telah dibuat sudah benar.
Buatlah press release yang dibuat itu mudah di mengerti oleh media press release lain untuk melakukan release-nya.